Minggu, 29 November 2015

Membaca Teliti




BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang 
Membaca mempunyai peranan sosial yang amat penting dalam kehidupan manusia sepanjang  masa . yang dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh informasi , yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Dalam membaca di kenal jenis membaca telaah isi yang memiliki pengertian membaca dengan cara meneliti bahan yang tersedia dengan tidak mengesampingkan ketelitian,pemahaman,serta kekritisan dalam berfikir
B.      Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian membaca teliti?
2.      Apa saja penerapan yang digunakan oleh membaca teliti ?
3.      Apa itu membaca kritis?
4.      Apa saja Manfaat membaca kritis?
5.      Apa itu membaca ide?
       C . tujuan
1.   Untuk mengetahui pengertian membaca teliti .
2.   Untuk mengetahui penerapan yang digunakan oleh membaca teliti.
3.   Untuk mengetahui pengertian membaca kritis
4.   Untuk mngetahui manfaat membaca kritis
5.   Untuki mengetahui apa itu membaca ide.






BAB II
                                         MEMBACA TELAAH
A.    Membaca teliti
Membaca teliti menuntut suatu pemutaran atau pembalikan pendidikan yang menyeluruh. Keterampilan yang dibutuhkan antara lain:
a. Survei yang cepat untuk mempertahankan/melihat organisasi dan pendekatan umum
b. Membaca seksama dan mengulangnya untuk menemukan penjelasan penting
c. Penemuan hubungan setiap paragraf dengan keseluruhan tulisan atau artikel.
membaca telaah isi terbagi atas :
1.      Membaca teliti
2.      Membaca kritis
3.      Membaca ide

    Macam-macam penerapan membaca teliti:

A. Membaca paragraf dengan pengertian
Kita harus melatih diri kita mengenal pikiran pokok suatu paragraf dan melihat bagaimana mengembangkannya. Cara untuk mengembangkan pikiran pokok suatu paragraf antara lain:
a. Dengan mengemukakan alasan
b. Dengan mengutarakan perincian
c. Dengan memberikan contoh
d. Dengan membandingkan atau mempertentangkan dua hal

B. Membaca pilihan yang lebih panjang
Kita harus bisa memahami paragraf satu dengan yang sebelumnya dan sesudahnya, memaknai hubungannya, tapi juga membedakan.

C. Membuat catatan
Manfaat membuat catatan adalah:
a. Menolong kita untuk memahami apa yang kita baca atau dengar
b. Membuat kita terus mencari fakta dan ide yang penting
c. Membantu ingatan kita
Metode yang digunakan untuk mencatat antara lain:
a. Mengenai bacaan
- Membaca kilas kutipan
- Tentukan apa yang akan dicatat
- Buat catatan dengan kata sendiri
- Buat jembatan keledai
- Pakailah tanda kutip paa kutipan dari suatu bahan, dan sertakan sumbernya
- Buat dengan jelas dan tepat
b. Menandai buku
    - Harus disertakan secara blak-blakan

D. Menelaah tugas
Langkah atau tahap dalam menelah tugas adalah:
a. Survei (penelitian pendahuluan)
Kita harus memperhatikan setiap bagian yang ada, baik tulisan, gambar, peta, grafik, dan lainnya.
b. Question (tanya)
Munculkan pertanyaan tentang hal yang belum kita pahami.
c. Read (baca)
Bacalah dengan teliti dan seksama.
d. Recite (menceritakan kembali)
Setelah melakukan tahap sebelumnya, dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang muncul, cobalah ceritakan orang lain dan jawab pertanyaan dari mereka.
B . membaca kritis ( critical reading)
       adalah sejenis membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati , mendalam, evaluatif, serta analitis dan bukan hanya mencari kesalahan tetapi juga untuk memahami maksud penulis, dsb.
manfaat membaca dan berfikir kritis
a.       Merupakan modal utama bagi para mahasiswa untuk mecapai kesuksesan dalam studinya.  
b.      Upaya  menemukan bukan hanya  keseluruhan kebenaran mengenai apa yang dikatakan, tetapi juga menemukan alasan-alasan mengapa penulis mengatakan apa yang dilakukan.
                                                                                                    
B.     Membaca ide
Merupakan sejenis kegiatan membaca yang ingin mencari, memperoleh, serta memanfaatkan ide-ide yang terdapat pada bacaan.
 Agar kita dapat mencari, menemukan, serta mendapat keuntungan dari ide-ide terkandung dalam bacaan, kita harus berusaha membuat dirikita menjadi pembaca yang bai. Adapun pembaca baik yaitu:
1.      Pembaca yang Baik Tau Mengapa Dia Membaca
Syaratvbagi para pembaca yang baik yaitu:
·         Mencari informasi
·         Menikmati bacaan
Kedua alasan tersebut mempunyai beribu adaptasi, tetapi pada hakikatnya dalam setiap bentuk berusaha mengajak para pembaca menyesuaikan diri pada halama-halaman cetakan.
2.      Pembaca yang Baik Memahami Apa yang Dibaca
Syarat pembaca ini yaitu memahami apa yang benar-benar dibacanya. Karen ahal ini menuntut perhatian atau konsentrasi dan suatu kemampuan yang erat sekali berhubungan dengan maksud. Dan hal ini menuntut  pngetahuan mengenai kata-kata dan keresponsifan terhadap organisasi bagian sebagai suatu keseluruhan.
3.      Pembaca yang Baik Harus Menguasai Kecepatan Membaca
Adapun syarat untuk memenuhi pembaca ini yaitu:
a.       Membaca sekilas, memetik secara kasar tiga atau empat hal dalam satu halaam intik memperoleh gambaran umum bagian sebagian suatu keseluruhan.
b.      Membaca dengan cepat yaitu mebaca segala sesuatu secara cepat untuk mencari hal tertentu yang diinginkan. Membaca cepat yang baik rata-rata 800-1000 kata dalam satu menit.
c.       Membaca demi kesenangan, suatu membaca yang melewatkan hal-hal yang kurang menarik, dan membaca lambat-lambat hal-hal yang menarik hati atau ketia terdapat apresiasi yang kuat . membaca seperti ini rata-rata sekitar 500-600 kata dalam satu menit.
d.      Membaca secara serius bahan-bahan yang penting dan tidak akan kehilangan sesuatu hal. Membaca serius seperti ini rata-rata dengan kecepatan 300-500 kata dalam satu menit.
4.      Pembaca yang Baik Harus Mengenal Media Cetak
Adapun untuk pembaca baik ini dia harys mengenal bentuk-bentuk kontemporer media cetak, yang meliputi;
a.      Papersback (buku saku, buku berjilid tipis, kulit kertas)
b.      Media grafik( komik, kartun, foto, penyajian statistik, grafis diagram, peta, dan lain-lain
c.       Majalah
d.      Surat kabar.
Dalam bnetu-bentuk kontemporer media cetak tersebut terpendam ide-ide kontemporer yang dapat kita manfaatkan demi kemajuan hidup kita.
                                                                                                  

BAB III
PENUTUP
3.1 SIMPULAN                                               

Membaca telaah  adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca secara seksama dan teliti dengan merhatikan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan survei, membaca ulang atau membaca seksama, dan penemuan hubungan setiap paragraf
3.2 SARAN
           mahasiswa dapat melakukan keterampilan-keterampilan membaca telaah, membaca teliti, membaca kritis, dan membaca ide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar